Tips Memilih Kredit Perumahan Murah

23.50 Egar Uang Teman 0 Comments



Memiliki hunian tempat tinggal yang nyaman, aman dan indah merupakan salah satu hal yang pasti diinginkan oleh semua keluarga. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan mengajukan KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah. Dengan mengajukan KPR pada suatu bank pilihan, maka rumah idaman yang Anda impikan bisa segera dimiliki dalam waktu dekat. Tanpa harus menunggu waktu lama untuk mengumpulkan biaya atau dana yang penuh untuk membeli rumah, hunian yang ideal untuk Anda dan keluarga bisa segera didapatkan melalui program KPR yang ditawarkan oleh beberapa bank profesional.

Dalam memilih KPR yang tepat, tentu saja faktor biaya, pendanaan atau kemampuan financial menjadi salah satu hal yang tak boleh diabaikan. Pilihlah kredit perumahan murah yang cocok dan tepat dengan budget dan pendapatan Anda supaya proses pengajuan KPR bisa berjalan lancar. Selain itu, memilih KPR yang relative murah juga dapat membuat pembayaran angsuran yang dilakukan bisa berlangsung sesuai kesepakatan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih KPR yang tepat dan murah supaya proses pengajuan KPR bisa berjalan sesuai rencana, antara lain:

Cara mencari kredit perumahan
Cara ampuh dalam mencari kredit perumahan murah


1.       Sesuaikan harga rumah dengan budget.
Harga rumah di beberapa perumahan tentu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Bahkan dalam satu perumahan terdapat beberapa cluster atau jenis rumah yang dibanderol dengan harga yang berbeda pula. Dalam hal ini, Anda perlu mengukur kemampuan dengan harga rumah yang Anda inginkan. Perlu diketahui bahwa uang muka yang harus disiapkan untuk membeli rumah yaitu sekitar 30% dari harga aslinya. Dengan kata lain, budget uang muka yang perlu Anda keluarkan sangat ditentukan dengan harga rumah yang Anda idamkan.

2.       Pertimbangkan suku bunga.
Besar kecilnya suku bunga akan sangat menentukan biaya angsuran per bulan yang harus Anda bayarkan secara rutin dalam mengajukan KPR perumahan. Dengan mempertimbangkan nominal suku bunga yang ditawarkan oleh setiap pihak bank, otomatis biaya yang nantinya Anda keluarkan pun akan sesuai dengan rencana keuangan yang telah dikelola sedemikian rupa. Dengan membandingkan dan memilih suku bunga yang kompetitif dari suatu bank, maka biaya angsuran yang nantinya Anda keluarkan pun akan semakin rendah. Alhasil, pembayaran rutin KPR setiap bulan akan berjalan dengan lancar.

3.       Tentukan jangka waktu KPR dengan tepat.
Selain dipengaruhi oleh harga pokok rumah dan suku bunga yang ditetapkan oleh pihak bank, nilai angsuran KPR per bulan juga ditentukan oleh lamanya jangka waktu KPR yang Anda ajukan. Biasanya penawaran jangka waktu KPR dari setiap bank berbeda-beda, Anda bisa memilih jangka waktu terpanjang untuk mendapatkan nilai angsuran tiap bulan yang paling rendah. Nilai tersebut harus diperhitungkan berdasarkan penghasilan Anda setiap bulannya. Sebaiknya, nilai angsuran kredit rumah tidak lebih dari 30% penghasilan Anda tiap bulan supaya kebutuhan yang lain bisa dipenuhi dengan maksimal.


Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai patokan bagi Anda dalam mengajukan KPR perumahan pada suatu bank. Dengan mempertimbangkan harga pokok rumah, besaran suku bunga dan lamanya jangka waktu KPR dengan baik, otomatis biaya angsuran dan uang muka yang harus dibayarkan terasa lebih ringan dan hemat sesuai kondisi keuangan yang Anda punya. Apabila pengajuan kreditperumahan murah berjalan dengan lancar dan dilakukan pada pihak bank yang profesional, maka kepemilikan rumah idaman yang Anda inginkan bersama keluarga bisa segera terealisasikan. 

0 komentar: