Persyaratan Penting Ketika Ingin Kredit Motor Honda

01.37 Egar Uang Teman 0 Comments



Selama ini jika kita meneliti aplikasi pengajuan kredit di beberapa perusahaan leasing ataupun bank, data yang harus diisi adalah status kepemilikan rumah. Yaitu rumah sendiri, kontrak ataupun yang lainnya. Hal ini berlaku untuk berbagai jenis kredit termasuk kredit motor Honda ataupun merek lainnya. Ketika kemudian aplikasi kredit ini ditolak, banyak yang mengatakan bahwa salah satunya adalah karena status rumah yang kita miliki. Karena kontrak, karena kos, atau yang lainnya. Dimana yang jelas bukan milik sendiri.

Menurut banyak orang, ada beberapa alasan mengapa kepemilikan rumah bisa membuat aplikasi kredit ditolak. Seperti misalnya:

  • Tidak ada dasar yang jelas ketika dilakukan survey dari kreditur,
  • Menurut kreditur dengan status rumah tidak jelas, maka tidak ada jaminan apakah si debitur akan mampu membayar atau tidak,
  • Tidak ada alamat yang pasti ketika terjadi tunggakan, harus di tagih kemana atau siapa yang harus didatangi.

Apalagi jika krediturnya adalah perusahaan leasing. Persyaratan tentang hal-hal seperti ini diatur secara ketat. Jika terjadi keterlambatan pun mereka akan menerapkan kompensasi yang sedikit berat, begitu juga jika menunggak. Bahkan 3 kali tunggakan biasanya akan membuat perusahaan leasing mengambil kendaraan tersebut.

motor honda dan persyaratan kredit
Persyaratan kredit motor honda


Tapi sebenarnya apa yang disampaikan diatas tidak sepenuhnya benar. Karena selain kepemilikan rumah, penghasilan tetap juga menjadi pertimbangan bagi kreditur. Ketika ternyata rumah yang dimiliki masih mengontrak ataupun kos, tapi jika Anda memberikan data mengenai penghasilan tetap yang disertai bukti. Kemudian status karyawan Anda adalah karyawan tetap, alamat kantor Anda sertakan dengan lengkap dan juga bisa dijangkau, maka kemungkinan aplikasi Anda ditolak kecil.

Selain itu, Anda juga harus menyampaikan data mengenai kerabat dekat dengan sebenar-benarnya. Karena menurut data ini lah pihak kreditur akan meminta konfirmasi atas data yang Anda sampaikan pada form aplikasi. Intinya isilah data dengan sejujur-jujurnya sehingga Anda tidak dicurigai tidak mampu membayar cicilan. Hal yang akan membuat Anda semakin dipercaya oleh kreditur adalah jika Anda membayar uang muka dalam jumlah yang besar. Jangan hanya memberikan DP senilai syarat minimal. Tapi tentu saja hal ini agak sulit direalisasikan jika Anda tidak memiliki tabungan sebelumnya.

Khusus untuk sepeda motor dari Honda, agar lebih mudah lebih baik Anda mengambil kredit langsung dari perusahaan leasing milik PT. Astra Honda Motor yaitu FIF. Dimana kelebihannya antara lain:

  1. Tenor yang diberikan oleh perusahaan leasing lumayan panjang,
  2. Bunga yang dibebankan juga lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan leasing lainnya,
  3. Jika Anda mengambil fasilitas kredit maka Anda juga akan termasuk mendapatkan fasilitas asuransi, mulai kehilangan, kerusakan dan juga asuransi jiwa jika terjadi kecelakaan,
  4. Proses persyaratan pengajuan kredit mudah termasuk syarat penghasilan minimum per tahun,
  5. Proses pengajuan kredit cepat,
  6. Proses pengajuan klaim asuransi mudah dan cepat.


Untuk yang terakhir yaitu klaim asuransi ini, biasanya pihak leasing akan memberikan waktu 5 hari maksimal setelah kejadian untuk dilaporkan. Namun demikian banyak yang menyarankan, jika klaim yang diajukan berkaitan dengan kehilangan maka lebih baik Anda mengurus dulu di perusahaan leasing dimana kredit motor Honda Anda dibeli. Baru kemudian Anda melaporkan ke kepolisian. Hal ini akan mempermudah penggantian yang dilakukan. Karena Anda akan diminta STNK dan kunci serta BPKB untuk mengurus klaim ini. Jika Anda mengurus di Kepolisian terlebih dulu, maka STNK tentu tidak Anda pegang bukan? 

0 komentar: