Konsekuensi Fatal Jika Berbohong Saat Ajukan Kredit Perumahan Murah

22.31 Egar Uang Teman 0 Comments



Saat ini berbagai macam bentuk pinjaman bank ditawarkan kepada Anda, mulai dari untuk modal hingga pembiayaan, salah satunya adalah kredit perumahan murah. Siapa sih yang dalam list keinginan tak memasukkan rumah dalam daftar mereka, tentunya semua orang mengharapkan hal tersebut. Namun sayangnya keinginan ini harus terkendala biaya. Mengingat kita tau sendiri bahwa harga sebuah rumah tak seperti sekotak permen coklat. Nominal ratusan juta rupiah adalah angka yang paling minim untuk dibayarkan. Hal penting yang harus diketahui lainnya adalah semakin lama harga properti akan terus naik tanpa mengalami penurunan sama sekali.

Jika tak sekarang lalu kapan lagi. Hal ini mungkin cocok sebagai ungkapan mereka yang ingin membeli rumah. Saat Anda memutuskan untuk membeli sekarang dan menunda untuk tahun depan sudah ada banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari tingkat harga yang semakin naik belum lagi dengan ketentuan atau syarat yang mungkin saja akan ditambah. Namun jika kamu memutuskan untuk beraksi dengan membeli saat ini juga. Di tahun yang akan datang lumayan karena tenor sudah terlampaui selama satu tahun, tinggal beberapa bulan lagi cicilan selesai.

Umumnya bank atau pihak pendana sendiri memang tak mau ambil rugi dengan memberikan pembiayaan pada orang yang tak mampu membayar. Untuk itu salah satu syarat yang pastinya mereka cantumkan adalah sejumlah penghasilan dengan nilai tertentu, umumnya adalah di atas 5 jt dan beberapa ketentuan khusus bagi mereka yang memiliki penghasilan di bawah 5 jt. Karena persyaratan yang terlalu ribet inilah kemudian beberapa orang memilih untuk berbohong, mencantumkan penghasilan dengan nominal sesuai dengan keinginan, padahal belum tentu mereka sanggup untuk membayarnya.



Jika masalahnya seperti ini ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi pada Anda, diantaranya adalah:

·         Tak lulus proses seleksi, kejujuran menjadi hal yang sangat penting dalam pengajuan ini, apalagi kita juga tau bahwa ada tim-tim khusus yang akan melakukan survey untuk membuktikan antara yang tertulis dengan kebenaran. Anda juga akan menjalani interview untuk melihat kelayakan apakah kamu berhak dapatkan pinjaman atau tidak. Berbohong kepada bank bisa membuat kamu gugur saat mereka membuktikan keadaan yang sebenarnya.
·         Masuk jajaran blacklist bank tersebut, akan sangat sulit lagi mengajukan kredit dalam bentuk apapun jika Anda sudah dimasukkan dalam jajaran blacklist.
·         Resiko kehilangan rumah, jika pengajuan Anda sebelumnya sudah diterima dan pihak bank baru menyadari kebohongan tersebut di kemudian hari maka hati-hati saja karena rumah yang sudah Anda dapatkan dengan sistem kredit tersebut bisa ditarik kembali, meskipun Anda sudah melakukan pembayaran cicilan secara teratur sekalipun.
·         Dikenakan sanksi pidana, jangan macam-macam dengan instansi-instansi resmi layaknya ban karena mereka memiliki hukum yang sangat kuat. Jika dalam perjanjian Anda terbukti berbohong maka mereka bisa melayangkan tuntutan hingga ke pengadilan resiko terkena denda hingga hukuman penjara juga siap menanti Anda.

Meskipun beberapa orang mampu terhindar dari resiko tersebut walaupun sudah terbukti berbohong, namun Anda jangan coba untuk tiru-tiru.


Akan lebih baik pengajuan di tolak sebelumnya dan memilih mencari alternatif ke instansi lainnya dibandingkan dengan memalsukan data. Kreditperumahan murah ini memang menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang membutuhkan hunian secara cepat namun tak memiliki uang cukup dalam membayar. Tetapi bukan berarti segala cara harus dihalalkan untuk dapatkan hal tersebut.

0 komentar: